Senin, 22 Desember 2008

PeNceGahAn kEruSakAn padA koMpuTer




NiEh.... qWh aDa tiPs baGi oRang yAng koMpuTernYa seRing ruSaK.

dAri pAda keLuarIn biAya terUs buAt nyErvisin kOmputEr yAng rusAk,,
mEndingaN kiTa raWat sEndIri aZa biAr twH koMpuTer g ruSak !
OcE !!!!

giNi nicH, tiPs daRi iNtanIa... (owEessss....)

1. Jangan pernah mematikan komputer dengan menekan tombol power sebelum OS/Windows benar-benar telah mati dan harddisk sudah tidak bekerja ( lampu indikator harddisk sudah tidak berkedip).Mematikan komputer dengan menggunakan tombol power tanpa menunggu OS berhenti akan menyebabkan kehilangan data atau file-file sistem Windows, lakukan hanya bila terpaksa.

Lebih parah lagi jika kerusakan yang muncul adalah kerusakan fisik harddisk akibat head mengenai permukaan harddisk.Jika mungkin, lakukan reboot komputer dengan menekan Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan dan lakukan sekali lagi untuk reboot.

(klO udAh tW, soRry.. munGkin aqWh yG keTingGalaN,,..)

2. Belilah UPS (uninteruptable power supply). UPS mencegah komputer dari kerusakan yang disebabkan tegangan berlebih/berkurang. Pada saat listrik mati berarti komputer dimatikan tidak sesuai prosedur dan akibatnya ada pada point 1.


3. Backup, backup, backup, jangan tunggu hingga besok. Lakukan backup data yang penting ke eksternal storage misalnya floppy disk, Zip Drive, CD-RW, DVD-RW dan lainnya.


4. Lakukan Scandisk dan Defragmentasi setiap sebulan sekali. Hal ini akan menjaga hard drive tetap sehat dan mencegah kerusakan.


5. Jangan pernah mencabut peripheral dari komputer jika komputer dalam keadaan menyala. Hal ini akan merusak soket atau motherboard. Pengecualian adalan untuk peripheral yang “hot pluggable� misalnya USB drive. Jika tidak mengerti apakah suatu peripheral “hot pluggable� maka ingatlah point 5 ini.


6. Sediakan minimal 100 MB dari C: drive atau drive sistem free (Windows). JIka anda gunakan Windows Me atau Windows XP maka sediakan 200 MB. Jika tidak cukup tempat untuk area kerja Windows maka akan memaksa windows untuk melakukan dumping data ke harddisk anda dan akan menyebabkan komputer bekerja sangat lambat.(lola)

7. Jangan terlalu banyak program yang dijalankan pada saat computer mulai bekerja. Program ini dapat dilihat pada status bar dikanan bawan layer dan program-program ini menggunakan memori dan Windows Resources (Windows internal workspace). Jalankan hanya program yang digunakan


8. Lakukan scan virus secara berkala(sIapA haYo yanG koMputErnyA seRing lOla kaRena viRus...)


9. Gunakan firewall jika anda terhubung ke internet. Firewall mencegah computer anda dari akses yang tidak diinginkan.


10.Simpan dengan baik cd yang anda peroleh ketika membeli computer dan peripheralnya. Disk-disk ini berisi driver dan program yang sesuai untuk computer anda ketika anda perlu untuk menginstall ulang. Simpan ditempat yang aman, kering

TerUs,, kiTa jugA meSti waSpadA ma vIruS kOmputEr

Virus computer adalah program komputer yang menyalin dirinya dan menginfeksi komputer tanpa sepengatahuan pemilik. Virus original (asli) dapat mengubah isi dari virus salinannya, atau virus salinan tersebut dapat mengubah dirinya sendiri, seperti yang muncul dalam kasus virus metamorphic. Virus hanya dapa menyebar dari satu komputer ke komputer lain jika file inang-nya (host) dibawa ke komputer yang tidak terinfeksi, misalkan dengan mengirimkan melalui jaringan atau internet, atau melalui media portable seperti CD atau USB drive. Pengguna komputer seringkali bingung membedakan antara virus worm dan Trojan. Worm dapat menyebarkan dirinya sendiri tanpa harus transfer mellaui host, dan Trojan adalah file yang tampak tidak berbahaya sampai dia dieksekusi.


Untuk mencegah penyebaran atau nfeksi virus pada system, dapat dibagi menjadi 2 langkah penting, dari sisi aplikasi dan pengaturan system, dan dari sisi pengguna.

Dari sisi system, instalasi aplikasi virus merupakan hal yang cukup mulak dilakukan. Aplikasi inlah yang dapat menjadi lapis pertama benteng pertahanan system terhadap virus. Antivirus dapat melakukan pendeteksian kode-kode virus bedasarkan signature atau secara heuristic dan selalu berjalan di latar belakang, sehingga dapat mengawasi segala akses terhadap file dan system. tapi terkadang, penggunaan antovirus bias menjadi senjata makan tuan, jika user tidak selalu tertatur melakukan update virus signature dan/atau engine antivirus ke vendor antovirus yang bersangkutan.


Update inilah yang menjadi salah satu point penting proses pendeteksian virus2 baru. di internet, virus2 baur muncul tiap waktu, bahkan bias mencapai belasan tiap harinya. Untuk memilih aplikasi antivirus yang baik, pilihlah aplikasi dari vendor yang sering melakukan update dan menyediakan update harian (bahkan ada yang menyediakan beberapa kali sehari).

Selain dari segi aplikasi, sisi pengguna juga memegang peran penting. Seperti telah ditulis sebelumnya, kadang user telah merasa aman karena memiliki antivirus, jutsru menjadi senjata yang berbalik pada diri sendiri. User selain harus rajin update antivrus, juga harus berhati-hati dalam menggunakan komputer, terutama pada saat pertukaran data atau terhubung dengan internet. Jika mendapat file dari sumber yang tidak dikenal atau tidak terpercaya, seharusnya lebih berhati-hati.


OiyA... aDa saTu laGi... seLain mErawAt koMputEr, kiTa meSTi meRawaT matA kitA jughA

Tahukah kamu, pengguna komputer tidak mengedipkan mata sesering mata normal. Akibatnya mata akan mengalami iritasi seperti menjadi kering, berair, pandangan kabur dan sebagainya. Untuk mengatasi gejala-gejala tersebut, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan.

1. Gunakan obat tetes mata. Tetapi sebelumnya sebaiknya anda ikuti petunjuk yang tertera pada obat tersebut atau konsultasikan dengan dokter mata. Bila anda duduk di dekat AC atau kipas angin sebaiknya coba kurangi aliran udara yang melewati mata.


2. Bila memungkinkan sebaiknya anda hindari tempat yang mempunyai kelembaban rendah atau banyak asap. Konsentrasikan mata untuk mengedip kapan saja anda mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan tadi. Saat anda mengalami gejala-gejala di atas sebaiknya putar-putarkan mata di balik mata yang tertutup. Lalu pejamkan mata erat-erat dan pegang dengan telapak tangan dan hitung hingga 10 detik.


3. Jika mata anda lelah akibat terlalu lama bekerja di depan komputer sebaiknya anda uapi mata dengan ramuan sendiri.
Ambil wadah yang agak lebar lalu masukkan beberapa lembar daun sirih lalu siram dengan air panas. Tundukkan wajah tepat di atas wadah tersebut. Telah terbukti uap air sirih dapat menyembuhkan pedih dan gatal pada mata.


Selamat mencoba !



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
nAma qWh iNtanIa aIshA meLati.... qWh skull di sMpn 1 SdA sEring-SeRIng liAt blOgGer qWh yAcH !